Gunung Slamet, Antara Letusan, Abu Vulkanik dan Status Waspada

Gunung Slamet, Antara Letusan, Abu Vulkanik dan Status Waspada
Gunung Slamet, Jawa Tengah
Gunung Slamet, Antara Letusan, Abu Vulkanik dan Status Waspada. Mendadak aku melihat blog ini sudah beberapa waktu tanpa update tulisan, lalu aku berpikir, ada berita apa dihari ini yang agak hangat, lalu teringatlah tadi pagi ada sebuah berita tentang letusan Gunung Slamet. Aku sendiri sedang tidak memantau keadaannya karena memang kesibukan yang melanda :D

Menurut berita yang aku kumpulkan dan juga sebagian dari pengalamanku sampai ke puncak Gunung Slamet ini beberapa tahun lalu, memang agak mengejutkan, Gunung yang sempat tertidur lama akhirnya benar-benar meletus, walau beberapa tahun lalu sempat menggeliat namun tak ada kenaikan status *2009.


Walau belum ada kepastian dari survey yang menandakan gempa besar berakibat dengan pergerakan magma Gunung api meningkat namun, kenyataanya banyak sekali, setelah gempa besar, Gunung Api pun mengikuti, sebutlah Gunung Kelud yang di dahului olah Gempa Kebumen, dan Gunung Slamet ini pun didahului oleh Gempa di Malang, jawa timur.

Gunung Slamet, Antara Letusan, Abu Vulkanik dan Status Waspada
Pintu Masuk Wisata Gunung Slamet, Jawa Tengah
Kita flasback pada kondisi Gunung Slamet beberapa tahun lalu saat aku berada di puncaknya, dari area perbatasan non vegetasinya memang sudah terasa akan panasnya, bahkan kalau aku rasakan lebih panas Gunung Slamet ini dari pada Gunung Merapi, yang waktu aku mendaki Gunung Merapi itu hanya berselang 3 bulan dari letusan terakhir, Bebatuannya pun hampir sama, bedanya adalah, di Gunung Merapi bebatuannya baru dimuntahkan beberapa bulan sebelumnya dan Gunung Slamet ini sudah tertidur lama semenjak letusan besarnya di tahun 1988.

Sebelumnya beberapa waktu lalu santer terdengar berita, dan mungkin tidak hanya isapan jempol saja namun terjadi, walau tidak membuat status dari Gunung-gunung terdekat yang bergejolak dinaikkan statusnya, Gunung Merbabu, yang beberapa hari bergejolak setelah Gunung Kelud, di sambung oleh Gunung Merapi yang juga beberapa hari lalu sempat terjadi gempa dan mengeluarkan asap.

Pertanyaannya, akankah Gunung-gunung yang tertidur ini akan bergejolak semua? Gunung Sindoro, Gunung Merbabu, dan Gunung Slamet, adalah Gunung yang aku daki dan pada masa itu masih tertidur ... sedikit bergetar mengingat tempat yang aku pernah berdiri dipuncaknya kini mengeluarkan lahar ... Wow ... untunglah aku sampai disana :(

Semoga saja, keadaan Gunung Slamet ini dalam masalah antisipasinya seperti Gunung Kelud, yang aku lihat tanpa adanya korban jiwa, dalam tanda kutip, korban jiwa akibat letusan, bukannya pasca letusan :D. Karena sepengamatan aku, kalau benar-benar meletus besar, agak membahayakan ... seperti apa itu, hanya perkiraanku saja, jadi tak perlu aku tuliskan disini.

Ok, sampai disini dulu ya, nanti perkembangan baru, aku infokan lagi.