Amazon : Payment, Affiliate dan Gift Certificate

Kali ini aku akan menceritakan tentang pengalaman beberapa tahun saya dalam dunia per-online-an hehehe, yah, khususnya pengalamanku dalam kerjasama mencari sesuap nasi dengan si abang Amazon. Yah, tentang payment-nya selama ini, program affiliate dan sebulan lalu aku mencoba membeli barang disana.

Aku sendiri mengikuti amazon mungkin sudah agak lama, yah sama usianya dengan aku mulai serius menggeluti dunia blogging, dan mencari pendapatan dari dunia internet ini. Kalau ngga salah saat itu masih akhir 2006 [ aeeee ... lama juga ternyata ya :D ].
Dalam dunia affiliate aku sebenarnya tidak hanya mencoba peruntungan di amazon saja, ada CJ juga, namun kalau melalui CJ barang yang aku promoin ngga ada satupun yang nyantel selama 3 bulan, so ... akhirnya kuambil keputusan untuk menekuni 1 affiliate saja, dan itu adalah affiliate-nya Amazon, khususnya yang universal Amazon.com.

Kalau amazon sendiri awalnya memang hanya mendapat beberapa saja komisi, bahkan sempet sebulan hanya dapat 1 barang, namun, yang namanya usaha akhirnya ada perkembangan baik, walau tidak sesukses mereka yang berani mengambil modal untuk menunjang bisnis onlinenya ... Namun itu sudah masuk kategori sukses buat saya `hahaha ... tetap percaya diri banget saya ini'

Dari pembayarannya dari awal bermain, aku selalu mengambil cek sebagai pembayarannya, dan dari pengalaman selama ini, tak ada kendala dalam hal pengiriman cek ke alamat atau bahkan saat proses dalam mencairkan ceknya itu, untuk cerita bank dan bagaimana proses nya sepertinya aku pernah membahas dalam blog aku yang sebelumnya ` susah nyari link blog saya hihihihi ...`.

Nah, kebetulan pertengahan tahun lalu aku ingin membeli barang hingga status paymentku dari cek aku ganti ke gift card, namun benar-benar aku fungsikan pertengahan februari bulan lalu. Nah ini yang ingin aku share, karena pada saat aku menuliskan ini, barang yang dikirim entah sedang berada di mana, saya tak tau :(

Ceritanya waktu itu aku membutuhkan sebuah ponsel, karena yah, pengalaman waktu itu aku membeli hp di forum yang katanya terbesar di Indonesia, saya kena 'tipu' ... maka kupikir dari pada aku keluar uang namun barangnya entah seperti apa dapatnya, aku ambillah order di amazon, dengan metode pembayaran gift cardnya ituh. Pencarianpun akhirnya mendapatkan seller yang bisa mengirim ke Indonesia, proses pembayaran selesai, keluarlah invoice, yang beberapa hari kemudian, keluar juga kode trackingnya.

Dan karena awamnya saya ini :( aku tidak mencari tau dulu paket apa yang baiknya kupake, aku asal saja setuju, dan memang shipping nya cepat si seller ini, sehari setelah proses order dan pembayaran kulakukan. Trackingpun akhinya terlihat barang itu sudah keluar dari amrik sono, namun setelah perkiraan barang sampe di Indo, aku baru sadar, kalau dia hanya menyediakan pengiriman via standar ... yakkk, sampai saat ini masih jantungan saya, karena paket standarnya USPS hanya bisa di track samapi dengan barang itu keluar dari sono :( #eaaa

Satu bulanpun kini ada dari jadwal dia terbang ... belum juga ada kabarnya, estimasi sampai si memang dari tanggal 11-20 bulan kemaren. Aku sempet bikin komplain kalau barang belum sampai, dan bener-bener fast respond, dia mengatakan mungkin barang hilang dalam pengiriman, namun aku masih berpikir baik, karena bagaimanapun , aku belum ada kendala buruk dengan amazon, jadi ku katakan setelah sebulan setengah barang ngga ada baru silahkan mengirim kembali barang [ dia menjanjikan ganti barang saat itu ].

3 kali aku menanyakan ke kantor pos, barang masih saja kosong :( sedih saya memikirkannya, entah barang itu memang telat, atau masih tertahan dimana, atau hitamnya ... barang itu hilang ... aku tak tau. Yah andaipun tak datang, mungkin ketika tawaran untuk diganti barang, aku akan bernego, barang selanjutnya dikirim via ekspress saja, dimana trackingnya bisa dilacak.

Itulah sekelumit cerita saya, andai nanti barang sudah datang, aku akan update lagi, doain ya 'blogger' barang saya selamat ... bukannya hilang atau malah ditilep sama petugas pos, yang katanya dari pengalaman kadang terjadi ...