Ritual Wisuda Indonesia Vs Luar Negeri

Ritual Wisuda Indonesia Vs Luar Negeri
Iseng saja ingin menulis tentang ritual wissuda Indonesia dengan Luar negeri, khususnya wisuda putri, bukan tanpa sebab ingin menulis tentang ini, tapi karena kemarin seorang teman dari US lulus kuliahnya, dan beberapa photo di uploadnya, selintas keluar ide untuk menulis disini.

Dari beberapa photo itu sangat simple dan ritualnya tidak ribet seperti di negara ini, mereka hanya memakai pakaian biasa dengan jubah saja, tanpa ada perawatan salon yang jika disini subuhpun sudah harus sudah bersiap dirias, dengan kata lain ribet sekali ternyata kalau mau wisuda dinegara ini, dan memang kita ini negara kaya karena untuk urusan ritual itu saja harus mengeluarkan uang yang tak banyak, belum akomodasi keluarga yang semuanya datang dari luar kota, syukuran dan lain-lainnya.

Ritual Wisuda Indonesia Vs Luar Negeri
Seolah itu hari menentukan, padahal yang penting bukan saat wisudanya, karena untuk lulusan, itu adalah awalnya berpusing-pusing ria, menganggur dan kesana kemari mencari pekerjaan, apalagi untuk fresh graduated, yang mencari pekerjaan itu berdasarkan ego, selama bukan jurusannya dan belum dapat pekerjaan, dijamin tak ingin mencoba pekerjaan lain, dan lebih memilih menjadi pengangguran.

Padahal, belum tentu jurusan kuliah kita itulah yang akan menjadi bidang kesuksesan kita, walau tak banyak yang sukses melalui mata kuliah jurusan kuliahnya. So, berapa dana yang kamu atau orang tuamu gelontorkan untuk proses wisudamu?

NB : gambar hanya ilustrasi yang didapatkan dari google