Gempa Tasikmalaya 6,5 SR 13 Juni 2013

Semalam aku baru tiba ditempat saudara, tepatnya sekitar jam 11an malam, sampai disana aku hanya terpikirkan oleh schedule kerjaan yang semepat tertunda. Berhubung aku ngga bawa laptop dalam perjalanan, maka aku meminjam laptop saudara, dan ... modem dia ternyata unlock untuk sebuah provider, untungnya kemana-mana aku selalu membawa modem walaupun tidak membawa laptop. Maka akupun menginstal modem, mencoba konek, dan ya ampun ... koneksinya bener-bener tak bisa untuk loading.

Hingga dalam menunggu loading selesai, tiba-tiba aku merasa bergoyang, masih jelas ingat bagaimana dulu goyangan seperti itu kualami, kuliahat korden bergerak2, dan atap depan rumah saudara berbunyi-bunyi, spontan aku stop proses loading dan mencari berita gempa,
belum sempat ada yang memberitakan, dan ... tiba-tiba modemku sama sekali tak bisa loading. Alhasil aku mencoba sms beberapa teman dalam lingkungan yg hampir semua sudah tidur, 1 yang menjawab tak merasa, ku sms teman di jogja ... hampir semua menjawab tak merasa.

Kusuruh mereka mencari info, hingga beberapa saat mereka membalas sms ku, dan ... Tasikmalaya adalah kota yang dilanda gempa, dengan kekuatan 6,5 SR. Yang gempa itu ada di pertemuan 2 lempeng yang beberapa kali lempeng itu membuat gempa ditempat lain di waktu lalu. Salah satunya yang masih kurasakan besarnya adalah Gempa Yogya beberapa tahun lalu ... gempa hebat yang kurasakan.

Ini mungkin berita yang agak telat, tapi, mungkin ketika orang lain kadang tak bisa merasakan gempa, aku hampir selalu merasakan, entah karena pernah mengalami atau karena kebetulan beberapa kali gempa aku masih dalam keadaan belum terlelap, masih berkutat dengan keyboard dan monitor. Setahun lalu juga ,,, yah, agak lupa tepatnya, tapi saat itu aku juga merasakan, gempa dengan tidak begitu kencang memang, sepertinya waktu itupun berpusat di jogja.

Semalam aku di Kebumen, dan Gempa Tasikmalaya itu sampai terasa getarannya di kota ku ... bergidik membayangkan bagaimana gempa itu terasa di Tasikmalaya. 2004 di Yogyakarta ... itu kenangan yang tak terlupakan ... Semoga apa yang dulu pernah kualami dan kulihat tak sampai terjadi di kota Tasikmalaya.