Laptop Speaker tiba-tiba tak berfungsi

Laptop Speaker tiba-tiba tak berfungsi, dan ini benar-benar membuat aku males untuk melakukan berbagai hal. Banyak sekali dugaan awalnya, dari speakernya yang sudah rusak, berkali2 ku ubah settingan tetap saja tak ada perubahan, sampe akhirnya aku melihat headphone yang pas sekali ukurannya di lubang speakernya. Ternyata menyala ... kucoba mencabutnya lagi ... no sound lagi. Waduh jangan-jangan beneran rusak speaker lepiku?


Akhirnya aku bercerita dengan seorang teman yang kebetulan belum tidur, dugaan dia speakerku rusak :( . Awalnya adalah saat aku bermain game, suara musiknya kudengar agak kres antara winamp sama suara flash game ... :( Namun tiba-tiba aku punya ide untuk mencobanya di linux 'saat itu aku memakai win' ...

Dan agak lega sekali karena di sana ternyata bisa untuk memutar audio + dengan suara jernihnya, aku kembali masuk ke win dan mencobanya 2 kali lagi, sekali dengan headphone dan tanpa apapun ... hasilnya masih sama. Dan cara terakhir sebelum aku benar2 memasukkan cd driver realteknya adalah aku uninstall realtek beserta teman2 di aplikasinya.

Selesai dan merestatlah laptop dan tak lama ada tanda silang di gambar audio ... tak selang dari semenit tiba-tiba ada sebuah tulisan keluar, win menginstal audio driver yang ku yakini sebagai bawaan win nya. Laptopku yang cerdas itu setelah berhasil menginstal tanpa ku minta aku coba winamp lagi ... Wow ... muncullah suara akhirnya ... lega saya ....

Jadi masalahnya sepertinya ada di realtek yang sudah korupt ... namun, aku belum menginstal ulang realteknya, sudah cukup sepertinya memakai bawaan ... Tak jadi pusing lagi sekarang.
Hanya sepertinya masalahnya belum selesai, karena ... setelah pusing memikirkan speaker selesai aku sudah agak mengantuk ... so ... bawaan males dan ingin merebahkan diri sudah tak tertahankan lagi ...

Ok, kawan, sudah dulu ya ngetiknya hihihi ... pengalaman juga ini :)